Minggu, 30 Oktober 2011

cara menginstal printer

Printer merupakan bagian dari komponen PC yang sedikit banyak telah membantu dalam kemudahan pekerjaan kita. Bayangkan jika tidak ada printer, kita tidak akan bisa melihat hasil pekerjaan kita dalam bentuk cetakan. Itu karena fungsi dari printer sendiri adalah untuk menampilkan hasil dari pekerjaan kita dalam bentuk cetakan.
Oleh karena itu, sebelum kita dapat mencetak hasil pekerjaan kita harus menginstal printer dahulu di komputer kita. Dalam kesempatan ini saya akan menyajikan cara-cara dalam menginstall Printer HP LaserJet 2100 PCL6.
Jika dalam suatu ruang kerja, cara paling tepat untuk mengoptimalkan printer adalah dengan menghubungkannya dalam suatu jaringan. Jadi, komputer lain dalam satu ruangan dapat menggunakanya juga. Hanya dengan Browse saja di jaringan seputar ruang tersebut. Masalah ini akan dibahas di bagian bawah.
A. Cara Menginstal Local Printer (HP LaserJet 2100 PCL6)
1. Klik tombol Start yang ada pada baris Taskbar, kemudian klik pilihan Printers and Faxes.2. Pada jendela Printers and Faxes, klik pilihan Add a Printer atau klik menubar File, kemudian klik pilihan Add Printer.
3. Di layar akan terlihat jendela Add Printer Wizard, Klik tombol Next untuk menampilkan kotak dialog berikutnya.
4. Dalam langkah ini, kita harus memilih printer yang akan digunakan:
>Local printer attached to this computer : jika printer yang baru yang diinstalasi langsung terpasang pada computer Anda. Apabila printer yang Anda gunakan mendukung Plug and Play.
>A network printer, or a printer attached to another computer : jika printer terpasang pada computer yang lain dengan fasilitas jaringan (network). Dan printer tersebut Anda gunakan dalam proses pencetakan.

Karena kita sedang menginstal lokal printer, maka pilih pilihan yang pertama.

5. Klik tombol Next. Kemudian tentukan port yang digunakan oleh computer tersebut dengan cara klik pilihan LPT1 pada bagian Use the following. Kemudian klik tombol Next.
6. Tentukan nama perusahaan pembuat printer atau merk printer pada pilihan Manufacture. Dalam hal ini kita pilih HP LaserJet 2100 PCL6 untuk merk printernya.
7. Klik tombol Next. Kemudian ketikkan nama printer yang Anda inginkan pada pilihan Printer Name. Apabila printer yang Anda instalasi tersebut akan dijadikan sebagai standard penggunaan printer (default printer), maka klik pilihan Yes. Klik Next.
8. Pada kotak dialog Print Test Page, kita harus menentukan apakah akan mencetak halaman percobaan (pilihan Yes) atau tidak akan melakukan pencetakan halaman percobaan (pilihan No), Klik Next. 9. Klik Finish untuk mengakhiri penginstallan.

B. Instalasi Printe Dalam Suatu Jaringan
Sebelum melakukan proses instalasi printer pada suatu jaringan, terlebih dahulu pastikan bahwa komputer tersebut sudah terhubung dengan jaringan di ruangan tersebut. Langkah selanjutnya bagi komputer server adalah mensharing printer yang sudah terinstall.
B.1. Mensharing Printer Bagi Server/ Admin
1. Klik tombol Start. kemudian klik pilihan Printers and Faxes.
2. klik kanan mouse pada jenis printer yang akan disharing, kemudian klik pilihan Sharing.......
3. Klik tab Sharing, kemudian klik pilihan Share this Printer. Jika Anda ingin mengganti nama printer, ketik di bagian "Share Name". Klik OK.

B.2. Install Printer Bagi Client/ User
Setelah proses sharing printer pada computer server dilakukan, maka langkah berikutnya adalah instalasi printer pada computer user/client.
Berikut langkah-langkahnya:
1. Klik tombol Start, kemudian klik pilihan Printers and Faxes.
2. Klik pilihan Add a Printer.
3. Klik Next untuk melanjutkan.
4. Klik pilihan A network printer, or a printer attached to another computer.
5. Klik pilihan Browse for a printer.
6. Pilih jenis printer yang terinstal pada computer server dan telah dilakukan share. Misalnya computer server WORKGROUP dengan jenis printer HP LaserJet 2100 PCL6. Klik Next.
7. Pilih Yes untuk menggunakan default printer. Kemudian klik Next.
8.
Klik Finish untuk mengakhiri penginstallan.
Untuk mencetak dengan printer dalam suatu jaringan, terlebih dahulu Anda harus pastikan bahwa computer yang dilengkapi dengan printer dan terhubung dalam suatu jaringan dalam keadaan sudah siap (computer on). Kemudian penentuan nama printer pada proses pencetakan harus sesuai dengan nama printer pada computer yang dilengkapi dengan printer tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar